Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6.380 Personel Keamanan Diterjunkan

Kompas.com - 09/09/2012, 13:11 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Sebanyak 6.830 personel keamanan dikerahkan untuk mengamankan jalannya Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (9/9/2012) ini. Aparat pengamanan terdiri dari unsur kepolisian mencapai 1.000 personel. Sisanya dari unsur TNI AD dan AL, Satpol PP dan anggota Linmas.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Cilacap, Ajun Komisaris Besar Rudi Darmoko, pengamanan ini didukung fasilitas kendaraan seperti kendaraan taktis, tank baja, ampibi, water canon dan lainnya.

"Jumlah personel yang ada mayoritas mengamankan jalannya pilkada secara langsung. Selain itu ada juga yang diperbantukan dari luar wilayah. Pasukan ini di antaranya Pasukan Huru Hara dan Tim Penjinak Bom dari Brimob Polda Jateng sebanyak 220 personil atau 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK)," jelasnya.

Rudi menyatakan, dari 3.066 TPS yang ada di Cilacap 110 TPS berada dalam kategori rawan 1 dan 51 TPS rawan 2. TPS kategori rawan 1 yakni yang berada di minimal 10 kilometer dari kantor kepolisian atau pos Polisi, sedangkan rawan 2, TPS yang berada lebih dari 10 kilometer dari Kantor atau Pos Polisi.

Dikatakannya, untuk TPS rawan 1 akan di jaga dua polisi dan 8 Linmas untuk menjaga, sedangkan pada TPS Rawan 2, pihaknya menerjunkan dua polisi dan 4 Linmas untuk. Sebuah helikopter juga disiapkan melakukan pemantauan udara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com