Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Cilacap Digelar Hari Ini

Kompas.com - 09/09/2012, 13:06 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Pemilhan Umum Kepala Daerah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah Minggu (9/9/2012) ini digelar. Dua pasangan calon masing-masing Novita Wijayanti-Mohamad Muslich (nomor urut 1) dan pasangan Tatto Suwarto Pamuji-Akhmad Edi Susanto (2), akan bertarung memperebutkan suara terbanyak.

Dalam Pilkada ini, Novita-Muslich diusung PDI Perjuangan dan Demokrat serta partai lainnya, sedang Tatto-Akhmad Edi disusung Golkar dan partai kecil lainnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap, Warsid mengatakan sebanyak 1.498.215 jiwa yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) diharapkan akan mengunakan hak pilihnya pada 3.066 TPS yang tersebar di 269 desa dan 15 kelurahan di 24 kecamatan.

"Kami berharap seluruh pemilih dapat menggunakan suaranya. Setiap warga juga kami harapkan saling menjaga kondusivitas agar proses demokrasi Pilbup Cilacap benar-benar bermartabat dan menghasilkan pemimpin yang bermartabat juga.," katanya.

Menurut dia, biaya pilkada Cilacap jika hanya dilangsungkan satu putaran sebesar Rp 16,832 miliar. Namun, jika terpaksa dilakukan dua putaran, biaya akan membengkakmenjadi di atas 30 miliar.

Warsid menambahkan, alokasi anggaran ini sebagian digunakan untuk perhitungan suara cepat (quick count) pasca pencoblosan 9 September 2012 di aula KPU Kabupaten Cilacap.

Mekanisme perhitungan cepat ini dengan sistem pemasukan data melalui website KPU Kabupaten Cilacap dengan mengakomodasi hasil perhitungan suara di tiap TPS. Selanjutnya data ini dapat diakses melalui situs resmi KPU Kabupaten Cilacap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com