Sabtu, 19 April 2014

News / Regional

Mafia Solar Beraksi di SPBU

Sabtu, 8 September 2012 | 19:40 WIB

Baca juga

BATAM, KOMPAS.com - Mafia solar diduga beraksi, Sabtu (8/9/2012) sore di SPBU Sukajadi, Batam. Aksi itu dilakukan dengan satu unit mobil Nissan Pathfinder dengan plat nomor BP 1643 EX

Mobil berwarna hitam itu mengisi solar dua kali dalam waktu 15 menit. Pengisian pertama sebanyak 55,5 liter atau Rp 250.000. Setelah selesai pengisian pertama yang berlangsung tujuh menit, mobil yang dikemudikan pria berambut cepak itu keluar kompleks SPBU.

Namun, mobil kembali masuk SPBU dalam waktu kurang lima menit. Kali ini, mobil itu kembali diisi 55,5 liter solar. Dengan demikian, mobil itu sudah terisi 111 liter solar.

Padahal, kapasitas tangki asli mobil yang masuk pasar Indonesia dengan nama Terrano itu hanya 80 liter. Selain itu, mobil hanya diizinkan mengisi maksimal 40 liter untuk sekali pengisian.

Diduga, solar dari mobil itu dijual kembali ke mafia-mafia penyewengan solar. Seperti pernah diberitakan Kompas beberapa waktu lalu, di Batam terdapat banyak penampung solar yang dibeli dengan cara tidak sah itu.


Penulis: Kris R Mada
Editor : Rusdi Amral