Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Berkekuatan 5,3 SR Guncang Morotai

Kompas.com - 07/09/2012, 23:01 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Sebagian warga di Pulau Morotai, Maluku Utara, dikagetkan dengan gempa bumi, Jumat (7/9/2012). Gempa magma berkekuatan 5,3 SR terjadi pada pukul 21.30 WIT terpusat di bagian Barat Laut Pulau Morotai.

Badan Meteorologi dan Geofisika Ternate merilis pusat gempa dengan kedalaman 126 kilometer di lokasi 2.39 Lintang Utara dan 128.04 Bujur Timur atau tepatnya 43 kilometer Barat Laut Pulau Morotai.

"Getarannya dirasakan di Morotai dan di Tobelo (Halmahera Utara)," ungkap Aryo Fauji, Kepala BMG Ternate, Jumat (7/9).

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Menurut Aryo, pusat gempa di Barat Laut Pulau Morotai ini sering terjadi. Artinya, di tempat yang sama juga pernah terjadi gempa pada beberapa waktu lalu.

"Memang daerah kita ini cukup aktif gempa karena daerah kita merupakan daerah pertemuan lempeng tektonik pasifik terhadap eurasia," jelas Aryo.

Sementara itu, getaran gempa sempat mengagetkan sebagian warga Morotai. Tetapi ada warga yang mengaku tak merasakan sama sekali. Warga yang merasakan getaran tersebut bahkan ada yang sampai keluar dari rumah lantaran takut terjadi sesuatu.

"Tadi tanah goyang (gempa bumi) kalian tidak merasakannya?" ungkap Firman (42), warga Tanah Tinggi, Morotai Selatan, kepada warga yang tengah berada di luar rumah.

Firman nampak terkejut dengan kejadian itu. Namun kebanyakan warga yang berada di luar rumah justru mengaku tak merasakannya sama sekali.

"Oh gempa ya? Saya tidak merasakannya. Mungkin karena saya sedang asyik bercerita," sahut Iwan (29), warga lainnya yang mengaku tak merasakan gempa berkekuatan 5,3 SR itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com