Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Renault untuk Paus Benediktus XVI

Kompas.com - 07/09/2012, 11:12 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

VATIKAN, KOMPAS.com — Perusahaan mobil Perancis, Renault, menghadiahi Paus Benediktus XVI sebuah mobil listrik, Kamis (6/9/2012).

Mobil listrik dengan merek dagang Kangoo ini akan digunakan pemimpin umat Katolik dunia itu berkeliling Vatikan atau menuju tempat istirahat musim panasnya di Castel Gandolfo.

Renault mengatakan, Kangoo yang berjenis van itu memiliki mesin listrik dengan kekuatan 44 kilowatt dan sebuah baterai ion-lithium.

Mobil dengan lambang Takhta Suci di pintunya itu mampu menjelajah hingga 170 km tanpa harus diisi ulang.

Selain mobil untuk Paus berwarna putih, Renault juga menyerahkan sebuah mobil sejenis berwarna biru yang akan digunakan kepolisian Vatikan.

Setelah diserahkan di Castel Gandolfo oleh Pimpinan Renault Carlos Ghosn, Paus kemudian menggunakan mobil itu dari helipad melewati taman dan menuju kediamannya.

Meski akan digunakan sehari-hari, tetapi juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, menyatakan bahwa mobil itu tak akan dijadikan mobil resmi Kepausan karena minim sarana keselamatan.

Mobil resmi Kepausan saat ini adalah mobil Mercedes Benz M-Class dengan kaca tahan peluru.

Penggunaan mobil listrik ini semakin menguatkan julukan "Paus Hijau" untuk Benediktus XVI yang dikenal sangat peduli terhadap isu-isu lingkungan.

Sejak Benediktus XVI menjadi Paus, Vatikan sudah memasang panel surya di auditorium utamanya dan bergabung dengan sebuah proyek untuk mengurangi emisi karbon dioksida.

Bahkan Vatikan menetapkan bahwa pada 2020 setidaknya 20 persen pasokan di listrik negeri mungil itu akan berbasis energi terbarukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com