Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

985 Lulusan IPDN "Push Up"

Kompas.com - 06/09/2012, 13:10 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 985 purna praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XIX yang dikukuhkan sebagai pamong praja memiliki cara tersendiri untuk merayakannya. Tidak hanya melempar topi ke atas seperti biasa dilakukan, mereka juga bersama-sama push up di atas aspal di tengah terik matahari siang hari.

Hal itu terjadi usai upacara pengukuhan pamong praja yang berlangsung di kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (6/9/2012). Para pamong praja melempar topi ke udara setelah upacara resmi ditutup.

Gubernur Wahana Wiyata Praja, Asep Tatang Firdaus, mengambil mikrophone dan menantang para praja. "Ayo siapa yang berani, kita push up di atas aspal," teriaknya.

Sontak, ratusan purna praja berseragam putih langsung berlari dari tengah lapangan rumput ke jalan aspal yang membatasi dengan tenda tamu. Di atas aspal, mereka langsung telentang dan bertumpu pada dua tangan untuk menaikturunkan badan.

Padahal, saat itu, aspal terasa panas karena terpapar sinar matahari sejak pagi. Kondisi tersebut tidak menyurutkam semangat praja untuk push up hingga lebih dari 10 kali.

Dari 985 pamong praja yang dikukuhkan, 852 merupakan program Diploma IV sementara 160 dari program sarjana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com