Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Sulit Atasi Api Lahan Gambut

Kompas.com - 06/09/2012, 05:37 WIB

Jambi, Kompas - Kobaran api di lahan gambut Taman Nasional Berbak, Jambi, terus meluas hingga lebih dari 100 hektar. Petugas sulit memadamkannya karena sungai dan kanal yang menjadi sumber air di sekitarnya mengering. Api di Taman Nasional Gunung Ciremai, Jawa Barat, juga sulit dijinakkan.

Kepala Bidang Tata Usaha Taman Nasional Berbak (TNB) Nukman mengatakan, kebakaran hutan sudah berlangsung sejak hampir sepekan terakhir. Kebakaran sebelumnya berlangsung di kebun penduduk yang berbatasan dengan taman nasional. Upaya pemadaman yang tidak memadai membuat kebakaran merembet hingga TN Berbak.

Perluasan api berlangsung cepat karena pergerakan angin yang kencang ditambah udara yang kering belakangan ini. Kondisi lahan gambut yang kering juga memudahkan penyebaran api. Asap terus membubung di sejumlah lokasi, terutama di wilayah Kecamatan Sadu, Tanjung Jabung Timur.

Petugas kesulitan memperoleh sumber air. Sungai dan kanal di sekitar area kebakaran dalam kondisi kering. Tidak ada sumber air untuk memadamkan api sehingga petugas harus menggali tanah gambut terlebih dulu untuk memperoleh cekungan yang menjadi sumber air baru.

Petugas pemantau titik api Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Donny Osmond mengatakan, jumlah titik api di Jambi terus bertambah. Selasa lalu terdapat 43 titik api yang tersebar, antara lain, di hutan negara dan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Gunung Ciremai

Hingga Rabu sore, polisi hutan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), Kuningan, Jawa Barat, masih terus berusaha memadamkan dan melokalisasi api yang melalap kaki gunung itu sejak Senin (3/9) siang. Mayoritas lahan yang terbakar berupa alang-alang dan belum menyentuh kawasan hutan alam.

”Kebetulan di kawasan itu sekat bakar sudah kami buat sehingga memudahkan jalan mencapai lokasi kebakaran. Namun, karena angin berembus kencang, api sulit dikendalikan,” kata Kepala Balai TNGC Dulhadi.

Diperkirakan kebakaran itu mencapai 100 hektar yang ditumbuhi alang-alang. Lokasinya di lereng utara gunung yang berketinggian 700 meter-1.000 meter di atas permukaan laut itu.

Kebakaran hutan di lereng Gunung Argopuro, Probolinggo, Jawa Timur, mulai teratasi. ”Sehari sebelumnya masih ada lima titik api terlihat. Kini tersisa dua titik api di bagian utara, yaitu di daerah Gunung Cemoro dan Cemoro Limo,” tutur Ariyanto, koordinator operasi penanggulangan kebakaran hutan Gunung Argopuro 2012.

Kebakaran yang melanda padang savana Gunung Bromo, Malang, Jawa Timur, pekan lalu, juga berangsur teratasi. Luas lahan terbakar adalah 32 hektar, mencakup vegetasi rumput, akasia, dan cemara.

(DMU/DIA/AHA/WER/ITA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com