Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Kampanye Lewat Skype

Kompas.com - 05/09/2012, 15:54 WIB
Sri Rejeki

Penulis

SOLO, KOMPAS.com- Belum sempat lagi blusukan ke kampung-kampung di Jakarta karena disibukkan kondisi Kota Solo akhir-akhir ini bukan berarti menghilangkan kesempatan calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk berkampanye.

Dari Solo, Jokowi yang juga Wali Kota Solo ini tetap bisa berkampanye menyapa calon pemilihnya dengan memanfaatkan teknologi Skype.  

Dalam satu malam ia bisa tampil di tiga daerah sekaligus. Selasa malam kemarin, misalnya, ia berkampanye untuk wilayah Condet dan Menteng Dalam. Acara diisi dialog interaktif membicarakan aspirasi warga. Kebanyakan peserta sasarannya adalah kelompok mahasiswa dan rakyat kecil.

"Malah efektif, tidak kena macet. Biasanya ramai sekali, mereka pada berebutan mikrofon untuk berbicara dengan saya menyampaikan keluhan atau masalahnya," ungkap Jokowi di rumah dinas Wali Kota Solo, Rabu (5/9/2012).  

Dalam sekali pertemuan melibatkan peserta 200-400 orang dengan durasi dialog rata-rata 15 menit. Sebenarnya, menurut Jokowi, dalam semalam, ia bisa menggelar temu wicara ini di 6-8 titik. Namun peralatan yang dimilikinya baru dua unit. Pihaknya membeli satu unit perlengkapan penguat sinyal mobile seharga Rp 30 juta yang bisa dipindah ke mana-mana.

"Alatnya sederhana, hanya laptop, layar, proyektor LCD, dan mobil penguat sinyal. Jangan dikira saya tidur karena di Solo. Meski tidak di Jakarta, saya tetap bisa kampanye," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com