Selasa, 2 September 2014

News / Regional

Surakarta Segera Gelar Apel "Damai Solo"

Minggu, 2 September 2012 | 16:54 WIB

SOLO, KOMPAS.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta  akan menggelar apel siaga bertemakan "Solo Damai," Rabu (5/9) di Lapangan Kota Barat. Acara ini bertujuan untuk menggugah kesadaran bahwa sektor keamanan adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat.

"Pemkot Surakarta ingin menggugah kembali bahwa urusan keamanan adalah semua elemen masyarakat.  Sehingga masyarakat juga memiliki tanggung jawab untuk menegakkan benang kusut keamanan kota Solo," kata Sekda Pemkot Surakarta Budi Soeharto kepada wartawan di Solo, Minggu (2/9/2012).       

Apel Solo Damai akan melibatkan TNI, Polri, Linmas, organisasi politik dan organisasi masyarakat yang ada di kota itu.

Ia mengatakan bahwa dengan akan digelarnya apel siaga tersebut diharapkan akan lebih menggerakkan peran masyarakat yang belakangan ini agak mengendor, seperti ronda, pamswakarsa dan lain-lain yang hubunannya dengan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Nampaknya peran masyarakat terkait keamanan bersama belakangan ini agak berkurang. Maka penyelenggaraan apel ini dimaksudkan untuk memotivasi peran masyarakat, sekaligus konsolidasi masyarakat kota Solo. Paling tidak tercipta kota Solo yang damai," katanya.      

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa apel siaga Solo Damai akan diikuti sekitar 2.000 peserta.

"Sebanyak  2.000 peserta itu sebagai perwakilan dari seluruh elemen masyakat yang ada di kota Solo. Rencananya apel tersebut dilaksanakan di Lapangan Kotabarat," katanya.

 


Editor : Farid Assifa
Sumber: