Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Meluncurkan SPBU Solar Nonsubsidi

Kompas.com - 31/08/2012, 13:55 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Dalam rangka mempermudah konsumen Pertamina dalam mendapatkan BBM nonsubsidi di Jawa Timur, PT Pertamina (Persero) meluncurkan SPBU solar nonsubsidi di Jalan Kertajaya, Surabaya, Jumat (31/8/2012). General Manager Fuel Retail Marketing Region V Afandi mengatakan, tidak seperti SPBU lain, SPBU ini khusus menjual solar dengan harga keekonomian atau nonsubsidi. Artinya, setara dengan solar yang dipasarkan kepada industri.

Pertamina membidik konsumen yang tidak berhak menggunakan solar subsidi, dengan jumlah kebutuhan yang kecil atau di bawah 200 liter, seperti genset, alat berat, forklift, termasuk konsumen dari sektor pertambangan, perkebunan, ataupun kendaraan dinas. Peluncuran SPBU solar nonsubsidi merupakan bagian dari inisiatif Pertamina untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengendalikan konsumsi BBM bersubsidi, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 12 Tahun 2012.

Selain di Surabaya, jelas  Afandi, SPBU solar nonsubsidi juga mulai dioperasikan di Malang, tepatnya di SPBU 54.651.21, Jalan Trunojoyo 1, Malang. Pertamina juga telah memasarkan bahan bakar khusus nonsubsidi Pertamina DEX di 80 SPBU di Jawa Timur. Program ini merupakan jawaban Pertamina atas tuntutan pasar karena minat masyarakat semakin tinggi terhadap kendaraan dengan diesel common rail system yang menuntut bahan bakar rendah sulfur.

Pertamina Dex yang mengusung konsep "Less Sulfur, More Durable Power" merupakan produk bahan bakar mesin diesel yang parameternya telah memenuhi standar Euro III. Pertamina Dex memiliki Cetane Number 53 dan kandungan sulfur di bawah 300 part per million (ppm) untuk menjaga performa mesin kendaraan lebih optimal, irit bahan bakar, sekaligus peduli terhadap kesehatan lingkungan karena kadar emisi lebih rendah.

Pertamina Dex juga menggunakan aditif generasi terbaru yang dapat menjaga mesin tetap bersih. Sebelumnya, Pertamina telah meluncurkan Agen BBM Industri Eceran (SPBU Mobile). SPBU Mobile ini fungsinya seperti SPBU, tetapi dapat bergerak dan hanya menjual BBM nonsubsidi jenis solar. Agen BBM Industri Eceran akan melayani penjualan solar nonsubsidi untuk berbagai kebutuhan, seperti genset di perhotelan, perkantoran, usaha kecil, ataupun kebutuhan pertambangan dan perkebunan.

Untuk daerah lainnya, sementara akan dilayani menggunakan Agen BBM Industri Eceran, yang penyebarannya akan diutamakan di kawasan industri, untuk memudahkan konsumen dalam memperoleh BBM nonsubsidi. Saat ini, di Jawa Timur telah dioperasikan tujuh armada Agen BBM Industri Eceran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com