Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muka Air Tiga Waduk Citarum di Bawah Rencana

Kompas.com - 31/08/2012, 13:20 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Tinggi muka air tiga waduk di aliran Sungai Citarum, yakni Saguling, Cirata, dan Ir H Djuanda, di bawah rencana seiring turunnya debit air. Realisasi distribusi air ke sebagian wilayah di hilir pun lebih rendah dari rencana.

Tinggi muka air Waduk Ir H Djuanda pada Kamis (30/8/2012) pukul 07.00 WIB mencapai 95,78 meter, atau lebih rendah dari rencana 98,65 meter. Tinggi muka air Waduk Cirata tercatat 212,67 meter, atau lebih rendah dari rencana 213,28 meter dan tinggi normal 220 meter.

Situasi serupa terjadi di Waduk Saguling. Tinggi muka air pada Kamis pagi terpantau 635,8 meter atau lebih rendah dari rencana 636,52 meter.

Secara total, volume efektif ketiga waduk mencapai 1,026 miliar meter kubik, lebih rendah dari rencana 1,272 miliar meter kubik.

Ditambah dengan aliran Citarum dan sumber air setempat (anak-anak Sungai Citarum), jumlah air tersedia di DAS Citarum hingga akhir Desember 2012 diperkirakan mencapai 2,967 miliar meter kubik.

Jumlah kebutuhan air untuk irigasi, air baku minum dan industri, serta listrik mencapai 2,057 miliar meter kubik. Oleh karena itu, air tersisa 0,91 miliar meter kubik di akhir tahun.

Namun, situasi bisa melenceng dari perkiraan karena sangat tergantung dari kondisi cuaca yang cepat berubah. Pola pemakaian air, khususnya sektor pertanian yang mengonsumsi lebih dari 70 persen air, juga turut memengaruhi ketersediaan air.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com