Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selundupkan Pakaian Bekas, Lima Warga Timor Leste Ditangkap

Kompas.com - 30/08/2012, 01:22 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com -- Lima orang warga Distrik Oekusi, Timor Leste, ditangkap oleh petugas kepolisian sektor (polsek) Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, lantaran kedapatan sedang menyelundupkan pakaian bekas dan ratusan kilogram ikan kering yang akan dibawa ke Kefamenanu, ibukota Kabupaten TTU.

Mereka berhasil dibekuk ketika sedang merapat di Pantai Wini, kecamatan Insana Utara, TTU, menggunakan perahu kayu, yang berisi muatan penuh masing-masing dua bal besar pakaian bekas dan 600 kilogram ikan kering. "Kami tangkap lima warga Timor Leste di Pantai Wini tengah malam. Saat ini perahu beserta muatannya masih ditahan Polisi," ungkap Kapolsek Insana Utara, Ipda Fransiskus Asisi, Rabu, (29/8/2012).

Lima orang tersebut yakni, Petrus Koa, Eduardo Teme, Yosep Kolo, Yeremias Teme dan Jasman. Kuat dugaan, dua bal besar pakaian bekas dan 600 kilogram ikan kering yang dimuat dari Oecussi akan dijual di Kefamenanu. Saat ditangkap, kata Fransiskus, mereka tidak melakukan perlawanan, sebab mereka tidak bisa menunjukkan kelengkapan dokumen barang maupun identitas diri seperti paspor.

"Usai ditangkap, mereka langsung diperiksa di Polsek Wini, Insana Utara, sedangkan pakaian bekas dan ikan itu ditahan sebagai barang bukti," jelasnya.

Terkait dengan kelimanya adalah warga asing, Fransiskus mengatakan akan berkoordinasi dengan imigrasi Indonesia maupun Timor Leste di perbatasan Wini Indonesia dan Sakato Timor Leste.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com