Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLT Mikro Hidro di Sukabumi Resmi Beroperasi

Kompas.com - 29/08/2012, 15:29 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 50 Kilo Watt di di Kabupaten Sukabumi, pada Rabu (29/8/2012).

Peresmian dilakukan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi.

Pembangkit listrik dibiayai anggaran Bina Lingkungan Bank Mandiri dan dilaksanakan oleh perseroan bekerja sama dengan Yayasan Ibeka (Inisiatif Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan) dan masyarakat adat setempat selama delapan bulan.

Pembangkit tersebut akan dimanfaatkan lebih dari 400 KK masyarakat adat Banten Kidul Kasepuhan Ciptagelar di Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya.

"Kegiatan pemberdayaan sumber daya lokal ini adalah esensi dari program Mandiri Bersama Mandiri yang merupakan salah satu pilar utama kegiatan kepedulian sosial Bank Mandiri," ungkap Riswinandi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Ia mengungkapkan, keberadaan PLTMH tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kapasitas diri dan meningkatkan taraf kehidupan yang selama ini terhambat oleh minimnya pasokan listrik.

Selain membantu ketersediaan penerangan pada malam hari, PLTMH itu juga diharapkan dapat menstimulasi warga untuk selalu menjaga kelestarian hutan sebagai daerah tangkapan air.

Sementara itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengemukakan, proyek pembangkit listrik tenaga mikro hidro dapat mendukung penyediaan listrik bagi masyarakat di wilayah yang sulit dijangkau.

Ia berharap, pembangkit listrik tenaga mikro hidro, yang telah dibangun dapat dirawat dengan baik agar pemanfaatannya lebih optimal.

Selain itu, Dahlan juga menyarankan penggunaan lampu hemat energi berbentuk led kepada masyarakat, karena tahan lama dan mengurangi penggunaan beban listrik berlebih.

Ke depan, Riswinandi menjelaskan, Bank Mandiri berkeinginan untuk memperkuat kerjasama dengan Yayasan Ibeka maupun lembaga sosial lainnya untuk pengembangan energi terbarukan melalui proyek-proyek yang berdampak positif langsung kepada masyarakat dan lingkungan hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com