Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihantam Ombak, 8 Awak KM Setia Abadi Diselamatkan

Kompas.com - 29/08/2012, 12:09 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com - Sebanyak delapan anak buah kapal (ABK) termasuk nahkoda kapal kargo KM Setia Abadi berhasil diselamatkan setelah kapal mereka tenggelam dihantam ombak besar di Muara Bian, Merauke, Papua, Selasa (28/8/2012) malam. Mereka diselamatkan nelayan yang berada di dekat lokasi kejadian.

Humas Kantor SAR Merauke Darmawan di Merauke, Rabu (29/8/2012) mengungkapkan, kapal kayu KM Setia Abadi pada saat kejadian sedang dalam perjalanan kembali ke Merauke dari Kepi, Kabupaten Mappi. " Saat sampai di muara Bian mengalami kendala cuaca dan ombak besar. Kapal hampir tenggelam," ungkap Darmawan.

ABK KM Setia Abadi sempat meminta pertolongan melalui radio sebelum kapal tenggelam. Menerima laporan itu, SAR Merauke pun segera bergerak menyiapkan bantuan. Menurut Darmawan, saat dilakukan monitoring ternyata ada kapal nelayan KM Maris 2 yang posisinya paling dekat dengan KM Setia Abadi. Pihak SAR kemudian mengarahkan KM Maris 2 agar merapat lebih dulu ke lokasi KM Setia Abadi sehingga pertolongan bisa lebih cepat.   

"Kalau kita bergerak dari Merauke sangat jauh sehingga butuh waktu berjam-jam untuk mencapai lokasi . Akhirnya, KM Maris 2 bisa merapat duluan dan menyelamatkan korban," ujarnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com