Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debu Proyek Tol Ungaran-Bawen Ganggu Aktivitas Sekolah

Kompas.com - 28/08/2012, 10:14 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Beberapa bulan ini debu proyek pembangunan tol Ungaran-Bawen mengganggu aktivitas belajar SD Klepu 01 di Desa Klepu, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Sampai dengan Selasa (28/8/2012) ini, ganguan debu masih terjadi.

Pihak sekolah mengeluhkan debu dari aktivitas proyek tersebut menyelimuti seluruh ruang kelas.

Kepala SD Klepu, Suci Hartatik, mengatakan, persoalan debu telah berlangsung selama beberapa-bulan pada musim kemarau ini.

"Kami bingung akan mengeluh kepada siapa, untuk menyelesaikan persoalan ini," kata Suci.

Menurut Suci, aktivitas belajar menjadi terganggu karena guru sulit mengajar jika menggunakan masker. Pihak kontraktor pembangunan selama ini hanya menyiram di sekitar jalan. Pihak sekolah akhirnya harus mengerahkan siswa, untuk menyirami sekitar sekolah mereka.

Guru SD Klepu 01, Roestanti, menambahkan, penyiraman itu merupakan aksi yang pertama siswa untuk membantu membersihkan debu.

Tahun lalu satu kelas terkena infeksi saluran pernafasan dari dampak debu. Sebelumnya pihak sekolah pernah ada kesepakatan bahwa aktivitas proyek akan dikerjakan setelah jam belajar selesai.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com