Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tapanuli Tengah Raih Rekor Muri Bakar Ikan

Kompas.com - 26/08/2012, 22:41 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, memecahkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk Bakar Ikan Terpanjang di Indonesia. Kabupaten itu menggelar lomba bakar ikan di Pantai Sorkam, dengan panjang 7,2 kilometer.

Rekor itu sekaligus memecahkan rekor MURI bakar ikan sebelumnya yang diraih Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, yakni 6 km.

Dalam siaran pers dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Minggu (26/8/2012), lomba bakar ikan yang digelar di Tapanuli Tengah tanggal 23 Agustus 2012 itu menghabiskan 9,5 ton ikan.

Lomba digelar untuk memeringati ulang tahun ke-67 pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah pada tanggal 24 Agustus. "Pemilihan lomba bakar ikan sangat tepat mengingat bahwa sumberdaya terbesar Tapanuli Tengah adalah sumberdaya kelautan dan perikanan berupa perikanan, jasa transportasi, pariwisata," ujar Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut Hutagalung.

Usaha penangkapan ikan laut ditopang antara lain oleh Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga. Ikan hasil tangkapan seperti tuna/cakalang selain di ekspor beku, ada juga yg berupa loin rebus (pre-cooked loin) yang diekspor ke Timur Tengah, dan Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com