Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Serahkan Penyelidikan Kebakaran kepada Polisi

Kompas.com - 26/08/2012, 08:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyerahkan penyelidikan terkait penyebab kebakaran yang marak di Jakarta akhir-akhir ini kepada pihak kepolisian.

"Saya serahkan semua pada polisi. Polisi yang berhak untuk melakukan investigasi," kata Fauzi Bowo saat melakukan kunjungan untuk memantau arus balik di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (25/8/2012).

Menurutnya, dari hasil sementara diketahui bahwa penyebab kebakaran di Jakarta akibat hubungan pendek arus listrik karena penggunaan sarana dan prasarana kelistrikan yang tidak sesuai dengan standar dan tidak sesuai dengan prosedur. Selain itu, menurut Foke sapaan akrab Fauzi Bowo, terjadinya kebakaran mungkin karena keteledoran masyarakat.

Dia mencontohkan kabel yang tidak untuk aliran listrik dipakai oleh masyarakat sehingga mengakibatkan hubungan pendek arus listrik. Selain itu, stop kontak dibebani dengan beberapa peralatan sehinga dapat hangus dan gosong. Warga pun diimbau harus lebih memahami peralatan listrik yang digunakan sehari-hari.

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, penyuluhan menurutnya akan dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan PLN kepada warga yang tinggal di permukiman kumuh dan padat.

Dia mengimbau kepada warga agar menggunakan kabel yang standar untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di Jakarta.

Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) mencatat terjadi 66 kasus kebakaran selama bulan Ramadhan sejak 21 Juli hingga 20 Agustus di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dengan berbagai macam penyebab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com