Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nanas Mini Laris di Wisata Air Panas Guci

Kompas.com - 25/08/2012, 20:21 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

 

TEGAL, KOMPAS.com - Buah nanas mini seukuran gelas atau kurang lebih berbobot 1.000 gram menjadi buah tangan paling laris dibawa pulang para wisatawan, yang berkunjung ke obyek wisata pemandian air panas alami Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Buah nanas yang rasanya manis ini, Sabtu (25/8/2012) dijual para warga lokal di sepanjang jalan masuk mulai dari Tuwel hingga Guci. Buah nanas didatagkan dari sentra petani nanas di Belik, Mogan dan Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Para wisatawan senang membeli buah nanas ini. Nanas mini bisa dinikmati langsung sebagai buah segar atau dibawa pulang untuk diolah jadi manisan atau bahan minuman segar.

"Buah nanas ini menyehatkan. Rasanya manis juga sangat menghangatkan badan di kawasan wisata yang dingin di lereng gunung berapi Slamet," ujar wisatawan asal Bogor, Hendarmo yang mampir di Guci dari mudik di Purwodadi. Nanas kecil ini ada dua macam.

Nanas yang berwarna kuning keemasan dan nanas warna hijau tua. Kedua nanas ini meski bentuknya kecil tapi sudah matang dan manis. Harga nanas kecil ini bervariasi. Pedagang di area bawah, sekitar 1 kilometer sebelum kawasan wisata Guci, satu ikatan isi 6 nanas dijual Rp 8.500 hingga Rp 9.000. Sedang nanas yang dijual di dalam obyek wisata Guci, harganya satu ikatan isi 6 nanas harga antara Rp 10.000 sampai Rp 15.000, baik nanas gemuk maupun nanas kurus.

"Kalau bisa menawar dengan lugas, biasanya harga nanas kecil ini mau kok penjualnya memberi korting sekitar Rp 2.000 asal beli lebih dua ikatan," ujar wisatawan lain, Bimo. Pedagang nanas ternyata tahu juga selera pembeli, tak heran beberapa pedagang juga menyediakan nanas siap santap yakni nanas sudah dikupas, diiris pipih dikemas dalam plastik bersih. Satu kemasan isi 6 iris nanas ini dijual Rp 2.000 per kemasan. Laris dan manis nanas mini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com