Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andre Mamuaya, Pengusaha Muda yang Tak Serakah

Kompas.com - 22/08/2012, 01:16 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Almarhum Andre Mamuaya (42) dikenang sebagai salah satu sosok pengusaha muda andal dan bermasa depan cerah. Selain itu, Andre juga dinilai sebagai salah seorang pengusaha yang tidak selalu mencari keuntungan, tetapi juga mempertimbangkan dampak bisnisnya kepada bangsa dan negara.

Hal ini diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, Selasa (21/8/2012), di rumah duka almarhum, Jalan Taman Patra III, Kuningan, Jakarta.

Jero menuturkan, awal perkenalannya dengan Andre bermula dari hubungan baiknya dengan Benny Subianto sewaktu bekerja di perusahaan tambang United Tractor dahulu kala. Benny adalah mertua dari Andre yang menikahi Arini Subianto dan dikaruniai dua orang putra. Dari sana, Jero pun mengenal Andre.

"Saat saya jadi menteri, usaha Andre ini kan urusan ESDM. Jadi sering bertemu. Saya nasihati menantu itu untuk majukan pertambangan Indonesia. Negara harus dapat yang baik, tidak boleh pengusaha hanya cari untung," ucap Jero.

Di dalam setiap kesempatan bertemu Andre, lanjutnya, hal itu pula yang selalu diingatkan. Jero menilai Andre memiliki kesamaan visi dan misi dalam mengembangkan industri tambang untuk kemajuan negara. "Anak ini bagus. Andre sangat serius bekerja dan sudah mulai cocok dengan (pikiran) saya," ujar Jero.

Saat mengetahui Andre meninggal, Jero mengaku kaget. Namun, tidak ada yang bisa menebak kapan datangnya ajal. "Hidup itu Tuhan yang atur, saya turut belasungkawa dan sudah menjadi tugas kita untuk meneruskan apa yang ada," kata Jero.

Almarhum Andre rencananya akan dimakamkan di San Diego Hills Blok M16 B pada Rabu (22/8/2012) pukul 09.00. Andre meninggalkan dua orang anak, yakni Azaria Rafi Mamuaya (9) dan Azel Rasyid Mamuaya (7), serta seorang istri bernama Arini Subianto.

Diberitakan sebelumnya, Andre tewas dalam sebuah kecelakaan hebat di depan Plaza Central, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, pada Selasa (21/8/2012) pagi tadi pukul 09.45.

Sepeda motor balap Ducati B 5555 XS milik Andre menabrak Toyota Innova B 1348 PKP yang hendak masuk ke dalam gedung. Akibat tabrakan itu, tubuh Andre terpental. Kepala sang penyuka otomotif dan bola basket ini pun membentur pot bunga sebelum akhirnya terkapar di trotoar jalan. Meski sudah dibawa ke rumah sakit, nyawa Andre tidak tertolong lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com