Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andre Mamuaya Juga Aktif di Dunia Basket

Kompas.com - 21/08/2012, 21:14 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain aktif dalam dunia usaha dan otomotif, Andre J Mamuaya juga dikenang sebagai salah satu sosok yang membantu kemajuan pebasket nasional.

Andre pernah menjadi manajer timnas basket saat perhelatan SEA Games di Chiangmai, Thailand, beberapa waktu lalu.

Hal ini diutarakan salah satu teman dekat almarhum, Simon Pasaribu, Selasa (21/8/2012) petang di rumah duka kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Simon mengaku sudah kenal dengan Andre sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Keduanya aktif dalam olahraga basket.

Sejak saat itu, kecintaan Andre akan bola basket tak pernah berhenti meski dirinya harus membagi waktu dengan kegiatan bisnisnya.

Karena sangat mencintai basket, Andre bahkan rela merogoh kocek lebih banyak untuk membeli klub Garuda Bandung yang sebelumnya bernama Panasia Senatama.

"Sudah dari tahun 2005 dia menjadi pemilik klub Garuda Bandung. Sementara saya jadi manajer klubnya, kami sempat kerja bareng. Tapi sekarang sudah nggak," kata Simon.

Selama menjadi pemilik klub, Andre juga masih sempat membantu timnas basket dalam perhelatan SEA Games di Chiangmai, Thailand. Timnas ketika itu berhasil menyabet medali silver.

"Dia ini orangnya sangat suka olahraga, dia peduli sama bola basket Indonesia. Jadi, saat diminta tolong menjadi manajer timnas, dia mau," ujar Simon.

Kedekataan Andre dengan para pebasket nasional pun terlihat di penghujung hayatnya. Belasan pebasket nasional termasuk Cokorda, mantan pemain Aspac Jakarta, tampak turut hadir di rumah duka.

"Ini banyak teman-teman basket yang datang juga langsung dari Bandung. Andre itu memang orang baik, sangat generous sama orang lain," kenang Andre.

Selain terlibat dalam kegiatan basket, Simon menuturkan Andre juga sering mengikuti kegiatan otomotif. Bahkan, Director of Corporate Affairs PT Adaro Energy tersebut gemar mengoleksi mobil dan sepeda motor sport.

Kecintaannya akan otomotif kerap ditunjukkannya dengan berkeliling Jakarta dengan menggunakan sepeda motor mewahnya. "Untuk hobi mobil, dia memang suka balap di Sentul," kata Simon.

Almarhum Andre rencananya akan dimakamkan di San Diego Hills Blok M16 B, pada Rabu (22/8/2012) pukul 09.00 WIB.

Andre meninggalkan dua orang anak yakni Azaria Rafi Mamuaya (9) dan Azel Rasyid Mamuaya (7) serta seorang istri bernama Arini Subianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com