Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok di Kabupaten Sigi Kembali Memanas

Kompas.com - 21/08/2012, 16:32 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com - Situasi bentrok di Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (21/8/2012) sore ini kembali memanas. Konsentrasi massa dari Desa Padende dan Desa Balane terlihat bergerak kembali menuju Desa Binangga. Mereka pun terlihat membawa senapan angin, busur dan senjata rakitan tradisional.

"Saya sementara jalan di sawah-sawah ini saya lihat massa sudah bergerak lagi," kata sumber di lapangan yang tidak mau disebutkan namanya. Hingga berita ini ditayangkan, belum diperoleh informasi lanjutan mengenai perkembangan dari pergerakan massa tersebut.

Beberapa jam lalu, situasi di lokasi bentrok sempat berangsur kondusif setelah Komandan Batalyon 711 Raksatama, Mayor Inf Washinton bersama Komandan Koramil 05 Marawola berhasil mengimbau masyarakat dari Desa Porame, Desa Balande, Desa Padende dan Desa Sibedi yang menyerang Desa Binangga kembali ke desanya masing-masing. Namun tak bertahan lama situasi sore ini kembali memanas.

Bentrok antar warga di Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah terjadi, Senin (20/8/2012) dini hari. Awalnya sepele. Seorang pemuda bernama Anto dari Desa Binangga hendak pergi ke desa Beka, namun diadang oleh pemuda bernama Iskandar. Tak senang akan pengadangan itu, Anto kemudian melapor kepada rekannya.

Kemudian Anto dan sejumlah temannya kembali hendak mendatangi desa Beka namun di tengah jalan di hadang oleh pemuda di Desa Padende. Bentrok di sejumlah desa yang sudah mengakar inipun tak terhindarkan. Warga Desa Binangga kemudian melakukan perlawanan terhadap pemuda dari Desa Padende yang mengadang.

Satu rumah di Desa Padende dibakar dan satu rumah lagi dijarah isi rumahnya dan nyaris terbakar. Tak berselang lama, hari itu juga beberapa desa di Kecamatan Marawola bergabung bersama Desa Padende menyerang Desa Binangga. Empat rumah di Desa Bianangga dibakar. Salah satu rumah yang terbakar adalah milik anggota Polsek Marawola. Akibat bentrok itu satu orang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com