Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batas Taman Nasional Manupeu Tanah Daru Diperebutkan

Kompas.com - 20/08/2012, 09:40 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com- Batas tanah Taman Nasional Manupeu Tanah Daru di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) diperebutkan antara Pemda Sumba Tengah dengan pengelola taman nasional (TN). Pihak pengelola TN menyebutkan, penebangan hutan secara liar seluas sekitar 10 hektar oleh Kepala Desa Mbiru Pangilu berada di dalam kawasan TN Manupeu Tanah Daru.

Sementara Bupati Sumba Tengah, Umbu Bintang mengklain penebangan itu berada di luar kawasan taman nasional. Bahkan Kepala Wilayah Ombudsman NTT-NTB Darius Beda Daton di Kupang, Senin (20/8/2012) mengatakan, Ombudsman NTT -NTB telah menerima pengaduan masyarakat pencinta taman nasional itu.

Tim Ombudsman juga telah melakukan kunjungan kerja ke TN Manupeu Tanah Daru. "Dalam SK Menteri Kehutanan itu tidak dijelaskan titik batas secara rinci kecuali luasan kawasan TN mencapai 86.000 hektar lebih.

Pihak Pemda Sumba Tengah juga mengklaim kawasan itu milik pemda. "Ini masalah serius yang butuh petunjuk langsung Kementerian Kehutanan," kata Daton. Apalagi perambahan hutan di kawasan itu semakin luas, jika pemerintah pusat tidak segera bertindak tegas. bahkan dikhawatirkan jika masalah itu  tidak terselesaikan, kawasan itu bakal dijarah habis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com