Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satpam Rampok Bank demi Obati Ibu Angkat

Kompas.com - 16/08/2012, 14:57 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com -- Terungkapnya aksi perampokan unik Bank Maspion Denpasar yang dilakukan oleh satpamnya sendiri meninggalkan kisah memilukan. Kris Ave Andriyanto yang ditinggalkan kedua orang tuanya sejak kecil merampok untuk mengobati penyakit struk Ibu angkat yang selama ini merawatnya.

"Dia sejak kecil dibuang orang tuanya, kemudian dirawat orang. Sekarang dia lagi butuh uang untuk pengobatan ibu angkatnya yang merawat dia," ujar Kasubdit III Direskrimum Polda Bali, AKBP Harry Haryadi saat konferensi di Mapolda Bali, Kamis (16/8/2012) siang tadi.

Pria asal Banyuwangi ini mengaku sudah setahun kerja di Bali dan 8 bulan terakhir bekerja sebagai satpam di Bank Maspion. Saat ini statusnya sebagai karyawan outsourcing dengan gaji Rp 1, 2 juta per bulan. Penghasilannya yang tak cukup untuk biaya berobat ibunya memaksa Andriyanto melakukan aksi perampokan.

Namun, karena tindakannya melanggar hukum, polisi tetap memproses Andriyanto dan menjerat pria 24 tahun tersebut dengan pasal 363 dan 220 KUHP tentang pencurian dan laporan palsu.

Seperti diberitakan, Andriyanto merancang skenario perampokan di bank tempatnya bekerja Selasa (14/8/2012) lalu. Andriyanto yang sebelumnya melapor ke polisi karena mengaku dirampok 3 orang pada Selasa dini hari lalu ternyata hanya mengarang cerita fiktif. Setelah tim penyidik Direskrim Polda Bali dibantu Polresta Denpasar memeriksa Andriyanto dan menemukan berbagai kejanggalan dalam keterangannya, polisi mengungkap pelaku perampokan adalah Andriyanto sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com