Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik, KA Malang-Jakarta Sepi

Kompas.com - 15/08/2012, 11:19 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Angkutan mudik Lebaran Kereta Api (KA) di stasiun Kota Baru Malang, Jawa Timur, terlihat sepi penumpang, khususnya untuk jurusan Malang-Jakarta.

"Untuk Malang-Jakarta, akan ramai pada arus balik nanti. Kalau sekarang sepi penumpang untuk Malang-Jakarta," jelas Kepala stasiun Kota Baru Malang, Lutfi Wijaya, Rabu (15/8/2012).

Selama arus mudik, stasiun Kota Baru menurunkan dua kereta tambahan yakni Matarmaja kelas ekonomi dan Gajayana kelas ekskutif. Kereta tujuan Jakarta dilayani Matarmaja, Gajayana, Matarmaja ekonomi berpendingin udara (AC) dan Senja Singosari kelas bisnis.

"Sedangkan jurusan jarak jauh lainnya adalah KA Malabar (jurusan) Malang-Bandung yang terdiri dari kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi dan kereta kelas ekonomi Tawangalun (jurusan) Malang-Banyuwangi," akunya.

Lebih lanjut Lutfi mengatakan, KA Matarmaja AC menarik 10 kereta, dua kereta khusus untuk penyandang difabel atau berkebutuhan khusus. "Tujuannya, untuk memudahkan kaum difabel menggunakan transportasi massal selama mudik Lebaran," jelasnya.

Adapun kereta ekonomi AC menjadi alternatif penumpang tujuan Jakarta dan sebaliknya. Harga tiket menunggunakan batas atas. Tarif KA Gajayana naik menjadi Rp 700.000, KA Senja Singosari, seharga Rp 400.000. Sedangkan tarif kereta kelas ekonomi Matarmaja tetap sebesar Rp 55.000 per orang dan kelas ekonomi AC Rp 155.000.

Penjualan tiket, katanya, bisa dilakukan secara online di gerai tiket seperti minimarket, kantor pos dan agen perjalanan. Sedangkan tiket yang dijual di stasiun dibagi merata di seluruh stasiun keberangkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com