Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Jateng, Hindari Jalur Pantura

Kompas.com - 14/08/2012, 20:15 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saat melintas di Jawa Tengah, sebaiknya menghindari jalur pantai utara seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas.

Kendaraan mobil pribadi begitu keluar dari jalan tol Kanci-Pejagan di Pejagan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, sebaiknya mengambil arah ke kanan menuju ke Ketanggungan, Slawi-Prupuk menuju ke jalur selatan di Purwokerto.

"Kepadatan jalur pantura mulai meningkat. Supaya tidak menimbulkan kemacetan, biarlah jalur pantura digunakan untuk pemudik yang bertujuan ke kota-kota di utara Jateng seperti Tegal, Pekalongan, Semarang, Kudus, hingga Surabaya," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah, Urip Sihabudin, Selasa (14/8/2012) di Semarang.

Urip Sihabudin mengemukakan, sejak H-7 hingga H-5 ini jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke Jateng sebanyak 52.427 unit kendaraan. Puncak arus mudik diperkirakan pada H-3.

Saat ini tercatat jumlah rata-rata kendaraan bermotor, terutama mobil yang melintas di Jateng, per hari mencapai 2.400 kendaraan. Bila jam-jam sibuk dengan durasi waktu mulai pukul 00.00 sampai pukul 10.00, jumlah kendaraan yang melintas bisa mencapai 4.000 unit kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com