Jumat, 1 Agustus 2014

News / Regional

Pemadam Kebakaran Terbanyak Ada di Pontianak

Selasa, 14 Agustus 2012 | 19:08 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com -- Kota Pontianak, Kalimantan Barat, memiliki 13 yayasan pemadam kebakaran swasta dengan jumlah kendaraan pemadam sekitar 50 unit. Jumlah itu merupakan jumlah pemadam kebakaran terbanyak di Indonesia. Relawan pemadam kebakaran swasta itu mencapai sekitar 2.000 orang.

Ketua Forum Komunikasi Kebakaran Pontianak Ateng Tanjaya mengatakan, keberadaan pemadam kebakaran swasta itu melengkapi keberadaan pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Pontianak.

Menurut Ateng, yayasan pemadam kebakaran terus bertambah karena potensi kebakaran di Kota Pontianak cukup tinggi. "Dari mana kendaraan pemadam dan operasional pemadaman? Itu selalu ditanyakan kepada kami. Kami punya filosofi: yang mampu keluar dana, yang belum mampu keluar tenaga. Jadi, ada yang sumbang dana, ada yang sumbang tenaga," kata mantan Ketua Badan Pemadam Api Siantan tahun 1984-1996 itu.

Setiap kali terjadi kebakaran di Kota Pontianak, yang paling mencolok adalah peran para relawan dari yayasan-yayasan itu yang sigap mengatur semua hal. Ada yang mengatur arus mobil pemadam kebakaran ke lokasi, ada yang mengurus pemadam pertama di lokasi, dan ada yang mengatur pengambilan air di parit.

Potensi kebakaran di Kota Pontianak sangat tinggi. Suatu saat, pernah terjadi tiga kali kebakaran di tiga lokasi berbeda dalam satu malam.


Penulis: Agustinus Handoko
Editor : Nasru Alam Aziz