Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan PNS Borong Sembako Murah

Kompas.com - 10/08/2012, 09:59 WIB
Runik Sri Astuti

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com — Ribuan pegawai negeri sipil di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, memadati pasar murah yang digelar di halaman kantor pemda, Jumat (10/8/2012). Mereka berbelanja kebutuhan pokok, seperti beras, gula pasir, minyak goreng, dan mi instan.

Para PNS ini berasal dari berbagai satuan kerja yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Madiun. Mereka sengaja datang untuk berbelanja kebutuhan Lebaran. Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun Soekardi mengatakan, pasar murah ini sengaja diadakan khusus untuk PNS golongan I dan II. Tujuannya meringankan beban pengeluaran pegawai dengan gaji yang rendah ini. "Ada empat jenis barang yang disubsidi pemerintah sehingga harganya lebih murah. Beras, gula pasir, minyak goreng dan mi instan," ujarnya.

Beras yang di pasar harganya Rp 7.500 per kg dijual Rp 5.500 per kg, sedangkan gula pasir yang harganya Rp 11.600 per kg dijual Rp 9.000 per kg. Selain itu, minyak goreng yang harga pasarnya Rp 11.500 per liter dijual Rp 9.000 per liter. Mi instan Rp 1.200 per bungkus dijual Rp 1.000 per bungkus.

Dalam kegiatan pasar murah ini, Pemkab Madiun menyediakan 5 ton beras, 3 ton gula, 3.500 liter minyak goreng, dan 5.000 bungkus mi instan. PNS di dinas pekerjaan umum, Imam Wahyudi, mengatakan, pasar murah ini sangat membantunya berhemat. Alasannya, dengan harga murah, pengeluaran menjadi lebih kecil. "Sisa uangnya bisa untuk beli kebutuhan lain," ujar pegawai golongan satu ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com