Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Janji Tak Akan Gusur PKL

Kompas.com - 10/08/2012, 06:07 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Maraknya kehadiran pedagang kaki lima (PKL) di DKI Jakarta tidak bisa dimungkiri membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kesulitan dalam menertibkan mereka yang kerap dirasa mengganggu aktivitas warga. Meskipun begitu, Gubernur DKI Jakarta menegaskan bahwa PKL tidak akan dimusuhi ataupun digusur.

"Kami akan memberikan tempat yang layak bagi para PKL. Namun, dengan syarat jangan berdagang di tempat-tempat umum lagi," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, dalam rangka safari Ramadhan ke Kalianyar 10 RT 006/RW 06 Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Kamis (9/8/2012) malam.

Foke menuturkan, jika ia terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta lagi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan memusuhi para PKL dengan melakukan penggusuran. Ia meyakini, PKL merupakan pusat perputaran roda ekonomi kelas menengah bawah. "Satpol PP tidak akan kami persenjatai," sambungnya.

Sebelumnya, orang nomor satu DKI Jakarta ini tidak berbuka puasa bersama warga Kalianyar karena ia datang pukul 18.20 seusai azan maghrib. Kendati begitu, sepanjang jalan menuju panggung utama acara, Foke menyalami warga Kalianyar satu per satu, yang terus mengelilingi dan berteriak histeris, "Hidup Bang Kumis!"

Sesampainya di panggung utama, Foke meminta izin untuk melakukan shalat maghrib, sebelum memberikan sambutan. Seusai shalat, dia memberikan beberapa santunan, antara lain pemberian kartu gratis pendidikan selama 12 tahun, Jamkesda, dan santunan terhadap 5 anak yatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com