Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rest Area" Alas Roban Siap Sambut Pemudik

Kompas.com - 08/08/2012, 09:04 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Pada hari kesebelas (H-11) menjelang Lebaran, Rabu (8/8/2012) ini, kesiapan arus mudik sudah mulai tampak di sepanjang jalur pantura Jawa Tengah, mulai dari Brebes hingga Semarang. Salah satunya adalah ketersediaan rest area Jatisari, Subah, di ruas jalan Alas Roban, Plelen, di Kabupaten Batang, yang dinilai paling siap menjadi lokasi peristirahatan bagi pemudik dari arah barat.

Sekretaris Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Jawa Tengah Ananta Aji, Rabu (8/8/2012), mengemukakan, lokasi peristirahatan menjadi sarana penting untuk menunjang keselamatan pemudik. Pasalnya, lintasan jalan di jalur pantura mulai Pekalongan-Batang jadi titik lelah bagi pemudik yang sudah menempuh perjalanan lebih dari 300 kilometer.

"Kami juga menyiapkan seluruh SPBU di jalur pantura menjadi lokasi peristirahatan, termasuk lokasi kawasan jembatan timbang di Brebes, Batang, Kendal, dan Tugu Semarang," kata Ananta Aji.

Khusus di jalur Alas Roban, Plelen, sejumlah lokasi peristirahatan juga sudah siap, seperti di Jatisari, Subah, rest area Adinusa, Pucungkerep, juga di SPBU Tulis.

Lokasi peristirahatan Jatisari Subah memiliki halaman luas berada di tengah hutan jati. Kawasan hutan jati itu kebetulan tepat di tepi jalur pantura Alas Roban. Di lokasi ini, udara sejuk dan teduh karena hijaunya pepohonan jati tua. Juga tersedia balai-balai bagi pemudik, terutama pengemudi untuk istirahat sejenak.

Meramaikan suasana di lokasi peristirahatan ini, juga banyak dijumpai penjual minuman, terutama kepala muda, yang menjadi ciri khas kawasan Alas Roban.

Jalur kawasan hutan Alas Roban dipastikan akan bersih dari truk besar yang parkir di tepi jalan ataupun truk yang lalu lalang di jalur jalan yang dipenuhi hutan jati. Hal ini sesuai ketentuan mulai H-4 hingga H+2, truk besar dan truk sedang pengangkut nonsembako dilarang melintas di jalur pantura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com