Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Embraer Kirim Empat Pesawat Tempur ke Indonesia

Kompas.com - 07/08/2012, 09:14 WIB

SAO PAULO, KOMPAS.com - Perusahaan pembuat pesawat Brasil, Embraer, mengatakan telah mengirim empat pesawat serang ringan jenis A-29 Super Tucano ke Angkatan Udara Indonesia. Embraer mengatakan hal itu dalam sebuah upacara yang diadakan di fasilitas perusahaan tersebut yang terletak sekitar 270  kilometer dari Sao Paulo, Senin (6/8).

Keempat pesawat tersebut merupakan bagian dari delapan pesawat sejenis yang dipesan Indonesia tahun 2010 untuk menggantikan armada pesawat jenis OV-10 Bronco. Pihak Embraer mengatakan, Angkatan Udara Indonesia ketika itu memesan delapan Super Tucano sebagai bagian dari usaha memodernisasi peralatannya.

Pesawat Super Tucano dapat digunakan untuk berbagai misi, termasuk melakukan serangan ringan, pengawasan, pencegatan di udara dan melawan pemberontakan.

Amerika Serikat, awal tahun ini, mengatakan akan membuka kembali penawaran untuk membeli pesawat Embraer. AS sebelumnya telah membatalkan kontrak pembelian 20 unit pesawat AT-29 Super Tucano dengan Embraer yang akan diberikan kepada tentara Afghanistan. Embraer dan mitranya di AS, Sierra Nevada, mendapatkan kontrak itu pada Desember, tetapi Angkatan Udara AS membatalkan kesepakatan itu pada Februari setelah ada tuntutan hukum dari sebuah perusahaan saingan, Hawker Beechcraft Corp

Embraer merupakan produsen pesawat komersial terbesar ketiga di dunia, setelah Boeing punya Amerika dan Airbus milik Eropa. Tahun 2010, Embraer sukses menjual 101 pesawat komersial dan 145 jet eksekutif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com