Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Liburan, Siswa SMP Belajar Kaligrafi

Kompas.com - 04/08/2012, 22:01 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com -- Puluhan siswa SMP Negeri 3 Polewali Mandar memilih isi waktu liburan panjang di bulan Ramadhan dengan mengikuti kursus kilat menulis kaligrafi. Para siswa belajar menulis huruf kalimat takbir, syahadat atau Asmaul Husna di atas kanvas atau kaca dengan cat lukis.

Meski belajar kaligrafi mulai pagi hingga petang, para siswa tetap bersemangat. Usai mendapat penjelasan teori dari sejumlah santri pembimbing, para siswa langsung melakukan praktik menulis kaligrafi.

Setiap peserta bebas berkreasi dan menulis kaligrafi dengan berbagai motif. Ada peserta yang memilih menulis kalimat syahadat dengan motif burung.

Peralatan yang peserta bawa pun cukup sederhana. Dengan modal Rp 30.000 mereka sudah bisa menghasilkan karya seni kaligrafi cantik dan indah.

Proses membuat kaligrafi pun sederhana. Peserta menyiapkan bahan-bahan melukis seperti selembar kaca tembus pandang sebagai kanvas, lidi sebagai pengganti kuas, spons untuk menaburkan cat, dan minyak telon atau minyak tanah untuk membersihkan percikan cat yang merusak pemandangan kaligrafi.

Setelah persiapan alat selesai, para peserta langsung melukis kaligrafi di atas kaca dengan cat. Selanjutnya hasil lukisan dikeringkan selama satu jam sebelum diberi aksesoris dan bingkai untuk mempercantik tampilan hasil kaligrafi.

Salah seorang peserta kursus kaligrafi, Nurul Inayah mengaku menulis kaligrafi tidak sesulit yang dibayangkan. Dia pun berniat mengembangkan seni kaligrafi di rumahnya.

"Ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan sebelum belajar. Cukup mudah dan bisa saya lakukan di rumah," ujar Nurul Inayah, Sabtu (4/8/2012).

Irwan, salah santri dari pesantren Immim Makassar yang memberi kursus gratis kepada para peserta mengatakan, awalnya para peserta buta soal teknik dan tata cara menulis kaligrafi indah. Namun setelah diberi pelajaran selama beberapa hari, mereka sudah bisa langsung mengekspresikan karya seni kaligrafi mereka sendiri.

"Mereka senang dan bersemangat, selain karena caranya mudah, biayanya pun murah, dan bisa dilakukan dimana saja," ujar Irwan.

Para peserta mengaku senang dan bangga mengikuti kursus seni kaligrafi. Meski hanya berlangsung singkat, namun para peserta puas bisa mendapatkan bekal dasar menulis kaligrafi indah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com