Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semen Gresik Bakal Akuisisi 2 Perusahaan Semen Regional

Kompas.com - 03/08/2012, 11:39 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) akan melakukan akuisisi dua perusahaan semen di tingkat regional akhir tahun ini. Rencana ini dilakukan untuk mencapai visi menjadi produsen global di kawasan regional.

Direktur Utama Semen Gresik Dwi Soetjipto menjelaskan saat ini perusahaan masih melakukan uji tuntas terkait rencana akuisisi tersebut. "Kami akan kabarkan dua perusahaan semen itu di November nanti. Saat ini masih dalam tahap finalisasi. Tapi intinya, nilai akuisisi dua perusahaan itu di bawah Rp 1 triliun," kata Dwi selepas acara penandatanganan kerjasama kredit dengan Bank Mandiri di kantor Semen Gresik, Kamis malam (2/8/2012).

Meski masih dalam tahap finalisasi, Dwi mengaku telah menyiapkan dana untuk rencana akuisisi tersebut. Dana sekitar Rp 1 triliun tersebut akan diambil dari kas internal perseroan. Saat ini, perseroan masih memiliki dana tunai (free cash) sebesar Rp 4 triliun dengan rasio utang terhadap ekuitas (debt to equity ratio/DER) masih sebesar 0,3 kali. "Artinya, kami masih memiliki peluang untuk mencari dana eksternal. Kami akan membatasi debt to EBITDA sekitar 2 kali," tambahnya.

Sekadar catatan, Semen Gresik sebelumnya pernah berencana mengakuisisi perusahaan semen di Vietnam. Perseroan menyiapkan dana sebesar 400 juta dollar atas rencana tersebut. Di sisi lain, Semen Gresik juga berencana membangun pabrik semen di Rembang (Jawa Tengah) dan di Indarung VI (Padang). Dana pembangunan kedua pabrik ini sekitar Rp 3-4 triliun.

Pabrik Semen di Indarung VI diperkirkan mulai beroperasi akhir 2015 dengan produksi sebanyak tiga juga ton per tahun. Sementara, pabrik semen di Rembang mulai dibangun akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun depan dengan kapasitas produksi tiga juga ton. "Dengan adanya kedua pabrik ini, maka diperkirakan pada 2015 akan ada tambahan enam juta ton," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com