Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh! Petugas Telat, Kendaraan Antre Berjam-jam di APMS Daruba

Kompas.com - 02/08/2012, 09:47 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Ratusan kendaraan di Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara harus ngantre berjam-jam di Agen Pengisian Minyak dan Solar (APMS) Ibnu Sahril. Antrean ini bukan karena kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) melainkan karena petugas APMS yang tidak berada di tempat.

Sejak pukul 08.30 WIT, puluhan kenderaan baik roda enam, roda empat, roda tiga (becak motor) maupun roda dua mulai mendatangi APMS yang satu-satunya berada di ibukota kabupaten tersebut. Namun sudah kurang lebih satu jam menunggu, APMS tersebut belum juga buka. Akibatnya, antrean kenderaan makin banyak di Jalan Raya LOC, Morotai Selatan tersebut.

Di lokasi APMS, hanya nampak satu orang petugas yang berseragam pertamina berwarna biru. Dia nampak kebingungan melayani keluhan para pengendara yang sudah berjam-jam ngantre di depan AMPS. Kepada para pengendara itu, petugas yang saat diwawancarai enggan menyebutkan namanya itu, malah 'mencuci tangan'.

"Saya lagi tunggu teman-teman yang lain. Karena saya sendiri tidak bisa buka, harus ada teman-teman yang lain lagi," tutur petugas ini setiap ditanyai pengendara maupun saat diwawancarai.

Belum diketahui pasti, kenapa para petugas APMS itu tidak berada di tempat disaat jadwal pengisian BBM. Banyak pemilik kenderaan yang mengeluh karena sejak pagi APMS tersebut tidak buka. Namun, banyak pula yang rela menunggu sambil duduk di pelataran trotoar jalan.

Hingga saat ini APMS tersebut belum juga buka. Sebagian pengendara terpaksa balik haluan karena tidak sabar lagi menunggu. "Ini bulan puasa masa kita dibuat begini, tunggu sampai berjam-jam," keluh Suaib (41), seorang tukang bentor.

Suaib dan sejumlah pengendara lainnya memilih pulang. Di Morotai belum ada Satuan Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hanya AMPS Ibnu Sahril yang menjadi satu-satunya tempat melayani pengisian BBM di Morotai, khususnya di Ibu kota Kabupaten. Itupun tidak melayani 2x24 jam. Sebagaimana yang sudah dijadwalkan, APMS Ibnu Sahril hanya buka pada saat pagi pukul 08.30 - 10.00 WIT.  APMS kembali melayani pengisian BBM pada waktu malam hari yakni pukul 21.00-22.00 WIT. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com