Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Lintas Sumatera Minim SPBU Pertamax

Kompas.com - 02/08/2012, 00:01 WIB
Harry Susilo

Penulis

PRABUMULIH, KOMPAS.com - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Jalur Lintas Sumatera minim bahan bakar jenis Pertamax. Kebanyakan SPBU hanya menyediakan premium dan solar.

Sejak bertolak dari Pelabuhan Bakauheni, tim survei Lebaran Kompas hanya mendapati satu SPBU yang menyediakan Pertamax dari sekitar 10 SPBU yang tersebar di jalur Bakauheni - Bandar Lampung.

SPBU Pertamax baru ada lagi di dalam Kota Bandar Lampung. Untuk itu, bagi kendaraan berbahan bakar Pertamax disarankan untuk mengisi penuh di kota-kota yang ada di Sumatera. Selepas dari Bandar Lampung menuju Kotabumi, Lampung Barat (Jalur lintas tengah Sumatera), SPBU Pertamax juga sulit ditemui.

Kompas mendapati lima SPBU dan hanya ada satu SPBU di daerah Tenggineneng yang menyediakan Pertamax. Setelah itu, SPBU dengan Pertamax baru ada lagi di Kotabumi. Dari Kotabumi, Lampung Utara menuju Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pun terdapat pemandangan serupa. Terdapat beberapa SPBU namun tidak satupun yang menyediakan Pertamax.

SPBU Pertamax hanya ada di dalam Kotabumi maupun di dalam kota Baturaja. Bahkan, perjalanan dari Baturaja menuju Prabumulih yang berjarak sekitar 150 kilometer hanya ada satu SPBU yang juga tidak menyediakan Pertamax.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com