Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Ambon, 10 Warga Tewas dan 5 Hilang

Kompas.com - 01/08/2012, 19:18 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com -- Korban meninggal akibat banjir di Kota Ambon sejak Selasa (31/7/2012) lalu terus bertambah. Kali ini korban tewas mencapai 10 orang. Sebelumnya dilaporkan 7 orang.

Selain korban tewas, banjir akibat guyuran hujan yang terus menerus ini menyebabkan lima warga hilang dan ribuan rumah warga terendam banjir. Banjir juga mengakibatkan sejumlah warga terluka.

Sepuluh korban tewas akibat longsor dan banjir itu terdiri dari tiga di kawasan Dusun Wayori, Batu Gong Kecamatan Teluk Ambon Bagullah; empat tewas karena longsor di kawasan Negeri Lama, Kecamatan Baguala, Kota Ambon dan; tiga warga tewas terseret banjir di Desa Tengah-tengah, Kecamatan Salahutu Pulau, Ambon.
 
Selain korban tewas, sejumlah warga terluka, enam di antaranya warga Desa Hatalai, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Keenam warga yang terluka dirawat di Rumah Sakit Sumber Hidup Ambon.

“Hingga malam ini sepuluh orang tewas akibat musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kota Ambon. Banjir akibat hujan deras yang terus mengguyur Ambon dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir ini,” kata Komandan Korem 151 Binaiya Kolonel Inf. Asep Kurnia kepada wartawan.

Akibat musibah banjir ini, permukiman warga di Kota Ambon juga terisolasi karena tidak bisa dilalui kendaraan. Para warga juga dievakuasi dengan tali di tengah arus banjir oleh tim SAR gabungan.

Tim SAR gabungan juga mengevakuasi warga yang terjebak banjir dan tanah longsor di kawasan Batu Merah Dalam dan Tantui Ambon. Seorang ibu dan cucunya yang baru berusia 1 tahun di kawasan Batu Merah harus dievakuasi dengan cara yang sangat dramatis, yakni dengan membongkar atap seng.

Hal yang sama juga terjadi di kawasan Batu Gajah. Di tempat ini, puluhan warga juga terjebak banjir. Hingga berita ini diturunkan, banjir masih terjadi di sebagian kawasan di Kota Ambon, seperti di Kawasan Batu Merah, Jalan Baru, Pohon Pule, Batu Gajah dan sejumlah kawasan lainnya.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com