Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Ambon, 3 Orang Meninggal

Kompas.com - 01/08/2012, 13:43 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com -- Bencana banjir yang melanda Kota Ambon sejak Selasa (31/7/2012) telah menyebabkan tiga orang meninggal dunia.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Dr. Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (1/8/2012) merinci tiga orang yang meninggal tersebut masing-masing di BTN Kanawa satu orang, dan di Negeri Lama dua orang. Sebagian besar permukimanw warga terisolir sehingga perlu dievakuasi.

Kini, lanjut Sutopo, BPBD setempat sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk tanggap darurat dan proses evakuasi. Pihak BPBD juga sedang melakukan pendataan dan penanganan pengungsi dan bangunan rusak akibat banjir di Ambon.

Banjir ini merendam sebagian besar Kota Ambon. Sutopo menyebutkan beberapa kawasan yang terendam banjir, antara lain daerah Galala, Lateri, Passo, Laha-Tawiri di Leitimur Selatan dan sekitarnya.

Selain banjir, beberapa tempat juga terjadi longsor meskipun besaran longsor tidak besar. Daerah-daerah yang terkena longsoran dan genangan air antara lain Batu Gajah, Mangga Dua, Karang Panjang, Batu Merah, Kebun Cengkeh, Ahuru, Galala, Lateri, Passo, Nania Negeri Lama, Wayame, Hatiwe Besar, Tawiri dan Laha. Juga terjadi beberapa ruas jalan yg putus dan amblas.


Menurut Sutopo, saat ini siklon tropis Saola di perairan Filipina bagian utara makin menguat dengan tekanan terendah 950 mb dan kekuatan 80 knot (150 km/jam). Pergerakannya cenderung ke arah utara barat laut menjauhi wilayah Indonesia.

Lanjut dia, BMKG telah menyampaikan informasi ke Posko BNPB tentang wilayah yang berpotensi hujan lebat, yakni di Kalimantan Tengah bagian tengah dan utara, Maluku Utara bagian tengah dan tenggara, Papua Barat bagian barat, dan Papua bagian tengah.

Sedangkan Sulawesi Tengah bagian timur berpeluang hujan lebat diiringi kilat dan angin kencang. Gelombang setinggi 3-5 meter berpeluang terjadi di Perairan Kep Sangihe Talaud, Laut Maluku, Perairan Selatan Sulawesi Utara, laut Banda bagian tengah dan timur, perairan selatan Ambon-Kep Maluku, perairan Tanimbar-Laut Arafuru dan Laut China Selatan.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com