Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambon Diterjang Banjir, Ribuan Rumah Terendam

Kompas.com - 01/08/2012, 13:07 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Tingginya intensitas curah hujan di Kota Ambon sejak pekan kemarin mengakibatkan musibah banjir terjadi di Kota Ambon, Rabu (1/8/2012). Banjir terjadi di sejumlah kawasan di Kota Ambon seperti di kawasan Batu Merah, Batu Gajah, Jalan Baru, Ahuru, Mardika Talake, Tantui, Batu Gantung, Waihaong, Soabali, dan sejumlah kawasan lainnya di Kota Ambon.

Banjir yang terjadi sejak pagi ini mengakibatkan ribuan rumah warga di hampir semua kawasan di Kota Ambon terendam air. Ketinggian air bahkan mencapai leher orang dewasa. Belum ada laporan resmi terkait adanya korban jiwa dalam peristiwa ini, Namun, kerugian akibat musibah ini diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Berdasarkan pantauan di sejumlah lokasi banjir, terlihat ribuan rumah warga terendam banjir. Sebagian besar warga di kawasan Batu Gajah dan Batu Merah bahkan tidak dapat menyelamatkan harta benda karena seisi rumahnya terendam banjir.

Selain menerjang rumah warga, banjir juga membuat sejumlah jalan utama di Kota Ambon berubah menjadi sungai besar. Akibatnya, arus lalu lintas di Kota Ambon macet total. Pemandangan itu terlihat di kawasan Jalan Baru. Derasnya banjir membuat kendaraan tidak dapat melewati jalan tersebut. Hal yang sama juga terjadi di kawasan belakang Soya.

Hingga berita ini diturunkan, banjir masih mengepung Kota Ambon. Banjir bahkan semakin membesar karena curah hujan yang semakin tinggi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com