Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

34.104 Personel Amankan Jalur Mudik di Jabar

Kompas.com - 31/07/2012, 13:16 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebanyak 34.104 orang bakal terlibat dalam pengamanan jalur mudik Lebaran 1433 Hijriyah di Jawa Barat. Mereka berasal dari berbagai komponen, mulai dari kepolisian, TNI, hingga masyarakat.

Hal itu diutarakan Kepala Biro Operasi Polda Jabar Komisaris Besar Martanto dalam rapat koordinasi persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2012 di Markas Polda Jabar, Selasa (31/7/2012).

Rakor dihadiri semua pihak yang terkait, mulai dari Dinas Perhubungan, PT KA, Dinas Bina Marga, Pertamina, hingga Kodam III/Siliwangi.

Jumlah sebanyak itu, ujar Martanto, terdiri atas 20.184 personel kepolisian, 3.240 personel TNI, 8.762 personel dari pemerintah daerah, dan 1.918 orang dari kalangan masyarakat.

Unsur masyarakat, misalnya, pramuka dan Orari yang memantau frekuensi komunikasi.

"Sebanyak 68 unit kamera pengawas juga dipasang di sepanjang jalur mudik," kata Martanto.

Selain Martanto, Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Komisaris Besar Bimo Anggoro Seno mengungkapkan tentang jalur mudik utara, tengah, selatan, berikut jalur penyangga atau alternatif.

Dia menerangkan berbagai skenario rekayasa lalu lintas bila terjadi kemacetan di beberapa titik, semisal Cikopo, Cirebon, Nagreg, dan Gentong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com