Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gratis, Kota Malang Sediakan 20 Bus

Kompas.com - 27/07/2012, 15:39 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, telah menyediakan 20 bus untuk program Mudik Gratis 2012. Mudik gratis akan mengangkut pemudik ke 12 kota/kabupaten di Jawa Timur. Warga yang berniat ikut, hanya diminta menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Muhammad Yusuf, Jumat (27/7/2012), mudik gratis tahun ini diperkirakan akan memberangkatkan sedikitnya 980 pemudik. "Semuanya menuju ke 12 kota/kabupaten di Jawa Timur. Pemberangkatannya akan dibarengkan dengan acara HUT Kemerdekaan RI nantinya," jelas Yusuf.

Adapun 12 kota/kabupaten yang menjadi tujuan mudik gratis itu adalah Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Bojonegoro, Tuban, Situbondo, Lumajang, Sampang, Pamekasan, Bangkalan, Ketapang (Banyuwangi), dan Sumenep. "Dari 12 kota/kabupaten itu, dibagi menjadi 8 jurusan. Karena ada jurusan yang memiliki 2 kota/kabupaten," katanya.

Bagi jurusan yang melewati 2 kota/kabupaten tersebut adalah tujuan Malang-Blitar-Tulungagung, Malang-Blitar-Trenggalek, dan Malang-Situbondo-Ketapang. "Semua bus yang disediakan ber AC dan dilengkapi selimut," beber Yusuf.

Sementara itu, untuk jalur yang diprediksi akan padat dan banyak peminat, pihak Dishub memberinya tiga armada bus. Jurusan yang dinilai padat itu adalah Tulungagung, Situbondo, Ketapang (Bayuwangi), serta wilayah Madura yaitu, Bangkalan-Sampang-Pamekasan, dan Sumenep. "Dengan adanya tiga bus itu, pihak Dishub akan menerima untuk jatah tiga bus. Jurusan lainnya hanya dijatah dua bus," katanya.

Warga hanya perlu langsung mendatangi Kantor Dishub di Jalan Raden Intan, Kota Malang. "Pendaftaran sudah dibuka sejak Rabu (25/7/2012). Tidak ada persyaratan. Cukup memberikan satu  lembar foto copy KTP atau KK bagi yang akan ikut sekeluarga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com