Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letupan Besar, Gunung Dukono Semburkan Asap Tebal

Kompas.com - 27/07/2012, 09:58 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TOBELO, KOMPAS.com - Gunung api Dukono yang terletak di Halmahera Utara, Maluku Utara kembali menyeburkan asap tebal, Jumat (27/7/2012). Semburan asap tebal menyusul letupan hebat pada pukul 08.00 WIT pagi ini.

Petugas Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunong Dukono, Iwan Amat menyebutkan, letupan ini tergolong lebih besar dibanding aktivitas letupan beberapa bulan terakhir. Sebab, Gunung Dukono yang masih berstatus waspada itu memang setiap hari menyeburkan asap tebal, menyusul letupan kecil. "Letupan pagi ini sangat hebat yang disertai asap tebal dan debu vulkanik. Tapi statusnya masih tetap waspada," jelas Iwan.

Menurut Iwan, jika letupan ini terjadi pada malam hari, maka dapat dipastikan pijaran api bisa terpantau dari jarak 10 kilometer. Gemuruh ledakannya bahkan bisa terdengar hingga radius 20 kilometer.

Asap tebal disertai material berupa debu sangat jelas terpantau dari Ibu Kota Kabupaten Halmahera Utara, Tobelo yang jaraknya 15 kilometer dari kawah Dukono. Asap tebal tersebut mengikuti arah angin yang cenderung ke timur dari puncak erupsi, atau tepatnya ke wilayah Tobelo dan sekitarnya.

Hujan debu akibat letupan itu pun menyertai. Namun, aktivitas warga di Tobelo tetap berjalan normal, karena hujan debu lebih banyak mengarah ke bagian utara Tobelo. "Di Tobelo hanya sedikit merasakannya karena asapnya menyebar mengikuti arah angin. Debunya lebih banyak di bagian utara," jelas Amy R Tomawonge, warga Tobelo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com