Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindikat Pemalsuan Surat Kendaraan Dibongkar

Kompas.com - 26/07/2012, 20:58 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sindikat kejahatan pemalsuan surat kendaraan kembali diungkap. Kali ini, melibatkan oknum pegawai lembaga soko guru perekonomian Indonesia, Koperasi Serba Usaha Pundi Artha Sejati Jember.

Tidak hanya itu kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Hilman Thayib, sindikat itu juga melibatkan oknum polisi berpangkat Iptu. ''Profesi keduanya disalahgunakan untuk melancarkan aksi pemalsuan ini,'' kata Hilman kepada wartawan, Kamis (26/7/2012) sore.

Modusnya, pelaku menggunakan BPKB motor China untuk diubah menjadi BPKB mobil yang disewa dari sejumlah rental di Surabaya dan Malang. Nomor rangka motor China itu kemudian diganti dengan rangka mobil sewaan. ''Sekilas BPKB motor ini sama dengan BPKB mobil, namun jika dicermati pasti ada yang berbeda,'' terangnya.

BPKB mobil palsu itu kemudian digadaikan ke sejumlah koperasi dengan nilai dari Rp 25 juta hingga Rp 50 juta, dengan bantuan pegawai Koperasi Serba Usaha Pundi Artha Sejati Jember. Ternyata pelaku tidak hanya mencetak satu BPKB untuk satu mobil, sehingga 1 mobil suratnya bisa digadaikan ke beberapa koperasi.

Hingga saat ini, polisi masih mengamankan tiga tersangka, yakni Nurkolis (39) warga Rambi Puji Kabupaten Jember; Fauzin (40) warga Kraksan Probolinggo; dan Suryoto (55) warga Tempeh kabupaten Lumajang. Sementara dua pelaku lainnya yakni HS dan TR masih dalam perburuan.

Selain mengamankan 3 tersangka, polisi juga mengamankan dua unit mobil Xenia warna hitam dengan Nopol N 449 GM dan Xenia warna bbu-abu bernomor polisi W 1646 PK, serta 14 BPKP palsu yang disita dari koperasi, dan 150 BPKB palsu yang akan diedarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com