Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Berbiaya Rp 110 Miliar Rampung 2015

Kompas.com - 25/07/2012, 22:17 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Pembangunan Masjid Raya Palangkaraya, Kalimantan Tengah, ditargetkan selesai pada tahun 2015. Biaya pembangunan masjid tersebut sekitar Rp 110 miliar, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng sudah mengganggarkan dana sebesar Rp 20 miliar untuk tahun 2012.

Wakil Gubernur Kalteng, Achmad Diran, seusai buka puasa bersama di rumah dinasnya di Palangkaraya, Kalteng, Rabu (25/7/2012), menjelaskan, pada tahun 2013 hingga 2015, dianggarkan dana masing-masing sebesar Rp 30 miliar untuk mencukupi kebutuhan dana.

Proses pembangunan dilakukan dengan lelang terbuka. Masjid direncanakan bertingkat tiga dan dilengkapi pusat kegiatan Islam. Di lokasi pembangunan di Jalan G Obos, Palangkaraya, itu sebenarnya telah berdiri sebuah masjid. Namun, menurut Diran, arah kiblat masjid itu sedikit melenceng.

"Kalau masjid itu hanya dirombak bagian depannya saja, tidak bagus. Jadi, di sebelahnya dibangun masjid baru," kata Diran.

Bangunan yang lama akan digunakan untuk berbagai kegiatan seperti rapat, pernikahan, dan seminar. Diran mengatakan, pembangunan masjid baru diharapkan selesai sebelum jabatannya sebagai wakil gubernur bersama Agustin Teras Narang, Gubernur Kalteng selesai tiga tahun mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com