Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Semarang-Bawen Dilebarkan

Kompas.com - 24/07/2012, 11:06 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Ruas jalan Semarang-Ungaran-Karangjati-Bawen sepanjang 28 kilometer akan diperlebar pada pertengahan 2012 ini. Pelebaran dari 10 meter menjadi 16 meter di jalan provinsi itu diperkirakan menelan biaya Rp 200 miliar.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Danang Atmodjo, Selasa (24/7/2012), menjelaskan, sudah waktunya jalan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, itu dilebarkan meski saat ini sudah ada tol Semarang-Ungaran.

"Proyek pelebaran jalan itu merupakan proyek pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum. Biaya proyek pelebaran diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 200 miliar, tujuannya makin memperlancar arus kendaraan dari dan menuju ke Kota Semarang dari arah Solo-Yogjakarta," kata Danang Atmodjo.

Jalan Semarang-Bawen merupakan jalan reguler bagi semua kendaraan bermotor dari Solo ataupun Yogyakarta menuju Semarang dari arah selatan. Meski jalan reguler, jalan ini sudah memiliki dua jalur dengan empat lajur. Meski demikian, pada Sabtu-Minggu, jalur ini selalu padat kendaraan bermotor.

Danang mengatakan, kontrak kerja proyek pelebaran jalan Semarang-Bawen sudah ditandatangani pada Juli 2012. Proyek itu kini sedang dalam proses tahap pelelangan berikut penyusunan detail rencana kondisi jalan.

Proyek tersebut kemungkinan akan berdampak pada pengeprasan rumah dan pekarangan warga yang tinggal di sepanjang tepi jalan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com