Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, Tidak Ada Kampung Pedalaman

Kompas.com - 23/07/2012, 16:53 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com -  Pemerintah Kabupaten Merauke menargetkan, tidak ada lagi kampung pedalaman dan terisolasi pada tahun 2013.

Saat ini, pembukaan jalan darat dan pembangunan sarana telekomunikasi hingga ke pedalaman tengah dikerjakan.

Hal itu diungkapkan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, di Merauke, Senin (23/7/2012). Menurut dia, pembukaan jalan dan perbaikan jalan kini terus dikerjakan untuk membuka akses ke kampung-kampung pedalama. Hal ini guna menggerakan perekonomian masyarakat kampung .

"Tahun 2013 mobil bisa masuk ke sampai ke I lwayab (distrik pedalaman di M erauke)," kata Romanus.

Ia mengungkapkan, akses menuju Distrik Muting, Ulilin, dan Elikobel kini terus diperbaiki. Pihaknya sudah memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan Merauke, agar bus Damri membuka trayek hingga ke Muting (247 kilometer dari kota Merauke), untuk memberikan layanan transportasi umum bagi masyarakat di ketiga distrik itu.

"Sekarang kalau panen rambutan sudah bisa naik Damri dari Muting ke kota Merauke, bayar Rp 100.000," ujar Romanus.

Selain itu, Pemkab Merauke akan menganggarkan Rp 20 miliar dalam APBD perubahan, untuk memperbaiki jalan Merauke-Jagebob. Selain itu, tahun 2013, pemkab akan membangun terminal umum di Distrik Tubang. Pemkab juga mendorong transportasi sungai hingga distrik pedalaman seperti Kaptel dan Animha.

Agustus tahun ini akan ada launching penggunaan telepon seluler dari distrik Kimaam , Wanam, Ta bonji, Tubang, Ngguti, Okaba, Ulilin, Elikobel, Kurik, Kaptel, Malind, Animha, Naukenjerai, dan Sota.

"Masyarakat sudah bisa pakai handphone. Sarana telekomunikasi dibangun sehingga sudah tidak ada lagi pedalaman," katanya

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com