Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penukaran Uang Lebaran Akan Memakai Tinta di Jari

Kompas.com - 23/07/2012, 16:14 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Bank Indonesia menjamin pelayanan penuh kepada masyarakat yang ingin menukarkan uang selama bulan Ramadhan 2012. Selain layanan berupa penukaran uang drive thru, BI juga membuka layanan kas keliling ke berbagai daerah hingga H-2 Lebaran.

Hal tersebut diutarakan Direktur Eksekutif Bank Indonesia Jawa Barat-Banten, Lucky Fathul Azis Hadibrata, di Bandung, Senin (23/7/2012). Pada hari itu, BI Jabar-Banten meresmikan layanan penukaran uang secara drive thru di kantor mereka di Bandung.

"Kami juga mengadakan kas keliling ke berbagai daerah, terutama di pusat keramaian seperti pasar," ujar Lucky.

Jadwal kas keliling BI dimulai di Kabupaten Sumedang pada 23-24 Juli, Kabupaten Cianjur pada 25-26 Juli, Kabupaten Sukabumi pada 1-2 Agustus, Kabupaten Subang pada 6-7 Agustus, Kabupaten Garut pada 8-9 Agustus, dan Purwakarta pada 14-15 Agustus. Selain di daerah, layanan penukaran uang di kantor BI yang semula dari pukul 09.00-12.00 diperpanjang menjadi pukul 09.00-15.00.

Untuk menjamin bahwa penukaran uang bakal merata di masyarakat, BI juga menerapkan sistem penandaan dengan mencelupkan jari ke dalam tinta layaknya pemilihan kepala daerah. Secara bergantian, jari yang dicelupkan berganti seiring hari. Misalnya telunjuk di hari Senin, berganti menjadi jari tengah pada hari Selasa, dan seterusnya.

Menghadapi Ramadhan, BI menyiapkan cadangan uang sebanyak Rp 12,8 triliun sehingga masyarakat tidak perlu khawatir soal kelangkaan uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com