Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Penyelam AS Dievakuasi ke Puskesmas Sekotong

Kompas.com - 22/07/2012, 21:20 WIB
Kontributor Kompas TV, Abdul Latif Apriaman

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Tim SAR akhirnya memutuskan mengevakuasi dua penyelam asal Amerika Serikat, Joseph Summer (58) dan istrinya, Lisa Summer (59), melalui jalur darat. Keduanya ditemukan selamat di Teluk Mekaki Sekotong, Lombok Barat.

Kepala Seksi Operasional Badan SAR Mataram, Nanang Sigit, mengatakan, upaya membuat tempat mendaratnya helikopter di Dusun Pondok Ganjar tidak bisa dilakukan sehingga evakuasi melalui jalur udara urung dilakukan.

"Mereka akhirnya dievakuasi ke Puskesmas Sekotong melalui jalur darat," kata Nanang. Ia menjelaskan, kondisi pasangan suami-istri penyelam tersebut tidak terlalu parah. Mereka hanya lemas dan mengalami luka lecet di tangan dan kaki.

Terkait penyebab hilangnya kedua penyelam tersebut, Nanang menyatakan, dari penuturan Pi'i , pemandu wisata yang turut menyelam bersama kedua wisatawan itu, saat kejadian arus sangat deras sehingga mereka yang menyelam bersamaan terpisah. "Si pemandu wisata, Pi'i, berhasil menepi, sementara kedua wisatawan itu terseret arus," kata Nanang.

Pasangan penyelam asal Amerika Serikat Joseph Summer dan Lisa Summer sebelumnya dilaporkan hilang di peraitan Teluk Sepi, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, setelah menyelam bersama pemadu wisatanya bernama Pi'i, Sabtu (21/7/2012) sekitar pukul 09.00 Wita.

Badan SAR Mataram, yang memperoleh laporan Sabtu sekitar pukul 13.00, langsung mengupayakan pencarian melalui jalur laut dan darat. Karena tak membuahkan hasil, upaya pencarian sempat dilakukan dengan menggunakan helikopter. Belakangan, ternyata pasangan suami-istri tersebut ditemukan dalam keadaan selamat di rumah penduduk di sekitar Teluk Mekaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com