Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jabar Butuh Rp 1 Triliun

Kompas.com - 20/07/2012, 15:52 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucurkan hibah sebesar Rp 1,04 triliun untuk penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat tahun 2013 mendatang. Dana tersebut digunakan hanya untuk satu putaran sehingga berpeluang membengkak bila harus digelar dua putaran.

Penyerahan hibah itu dilangsungkan di Gedung Sate, Bandung, Jumat (20/7/2012). Rincian dana hibah itu adalah Komisi Pemilihan Umum Jabar sebanyak Rp 759,9 miliar, Panitia Pengawas Pemilu mendapat Rp 151,1 miliar, dan pengamanan mendapat Rp 136,4 miliar.

"Pengamanan adalah Rp 85,6 miliar untuk Polda Jabar, Rp 30,4 miliar untuk Polda Metro Jaya, Rp 19 miliar untuk Kodam III/Siliwangi, dan Rp 1,4 miliar untuk Kodam Jaya," ujar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Heryawan menjelaskan, ada dua wilayah polda maupun kodam untuk Provinsi Jawa Barat sehingga semuanya mendapatkan hibah dana untuk pengamanan pilkada.

Disinggung mengenai hibah pilkada, Heryawan mengungkapkan bahwa dana tersebut disisihkan bertahap dari APBD Provinsi Jawa Barat. Meski terdengar fantastis, hal itu dikarenakan jumlah panitia pemungutan suara yang bisa disebut terbanyak di Indonesia, yakni lebih dari 74.000 tempat, sehingga seorang panitia tetap saja menerima honor sebesar Rp 200.000.

Dana sebesar lebih dari Rp 1 triliun itu menggunakan asumsi bahwa pilkada berlangsung dalam satu putaran. Bila ternyata harus berlangsung dua putaran, sudah disiapkan dana yang diambil dari APBD 2013, dan Heryawan menjamin hal itu tidak akan mengganggu program kerja di tahun bersangkutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com