Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Jamin Jaringan Lancar

Kompas.com - 19/07/2012, 16:22 WIB
Ayu Sulistyowati

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Telkomsel Denpasar menjamin kelancaran jaringan, khususnya selama bulan Ramadhan hingga liburan Lebaran bulan depan. Pada masa itu jaringan bisa saja sibuk dan banyak pengguna mengirimkan ucapan-ucapan.  

Ini dikatakan Head of ICT Network Management Telkomsel Regional Bali Nusra Ganot Sunoto usai menggelar uji kualitas jaringan di berbagai wilayah di Pulau Bali, Kamis (19/7/2012). Wilayah yang padat trafik jaringan, antara lain kota Denpasar hingga Kabupaten Badung (Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Pecatu), serta Ubud, Kabupaten Gianyar.  

"Ini memastikan kesiapan jaringan untuk menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan pada periode Ramadhan hingga Lebaran tahun ini sehingga ini merupakan quality assurance dari Telkomsel," katanya.  

Pengecekan jaringan langsung di jalur Denpasar inner city dilakukan bersama wartawan dengan menggunakan bus yang dilengkapi peralatan khusus Drive Test Monitoring Radio Cellular Performance yang dapat menampilkan performansi jaringan dari sisi ketersediaan sinyal dan kualitas jaringan.  

Pada Drive Test yang dilakukan Telkomsel, kekuatan sinyal 2G yang diterima ponsel diukur menggunakan parameter Reception Level (RxL). Sedangkan parameter untuk mengukur kekuatan sinyal 3G disebut Received Signal Code Power (RSCP).  

Untuk mengukur kualitas layanan suara (voice), parameter yang digunakan mencakup Call Setup Success Rate/CSSR (tingkat keberhasilan panggilan yang ditentukan oleh ketersediaan kanal suara yang dialokasikan), Call Setup Time/CST (waktu yang dibutuhkan untuk melakukan panggilan ke pihak yang dituju), Call Completion Success Rate/CCSR (tingkat kesuksesan suatu hubungan sejak tersambung hingga salah satu pihak melakukan pemutusan), dan Mean Opinion Score/MOS (tingkat kejernihan suara dalam suatu komunikasi).  

Sementara parameter yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan data adalah Attach Success Rate (kemampuan untuk memperoleh layanan sesuai dengan yang disediakan), PDP Completion Rate (kemampuan untuk mempertahankan layanan setelah layanan tersebut berhasil diperoleh sampai batas waktu layanan tersebut dihentikan), dan FTP Throughput (tingkat kecepatan akses layanan).  

Hasil Drive Test di wilayah Bali memperlihatkan kekuatan sinyal Telkomsel secara umum sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan angka RxL -77,06 dBm (sangat baik) dan RSCP -80,01 dBm (sangat baik).   Secara keseluruhan kualitas jaringan layanan voice di Bali adalah baik, di mana dari total 266 call attempts (panggilan dari ponsel ke ponsel secara acak dan otomatis oleh sistem) diperoleh angka rata-rata sebagai berikut: CSSR 90,60 persen (baik), CST 8,8 detik (cukup baik), CCSR 99,59 persen (sangat baik), dan MOS  3,51 (sangat baik).  

Sementara kualitas jaringan layanan data yang salah satunya diukur melalui pengunduhan file berkapasitas 3 MB memperlihatkan hasil yang baik, di mana angka rata-rata Attach Success Rate 99,23 persen (sangat baik), PDP Completion Rate 99,61 persen (sangat baik), dan FTP Throughput 799,75 Kbps (baik).  

Untuk periode Ramadhan dan Lebaran tahun ini, Telkomsel telah melakukan peningkatan seluruh elemen jaringan untuk menghadirkan jaringan berkualitas dengan kapasitas yang memadai. Khusus layanan data, Telkomsel telah melakukan penambahan kapasitas sebesar 50 persen dibandingkan hari biasa untuk mengakomodasi peningkatan trafik yang diperkirakan berkisar 30 hingga 50 persen.  

"Kami terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan untuk menghadirkan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan hingga Lebaran nanti," pungkas Ganot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com