Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangani Joki "Kedokteran", Polisi Tunggu Pengumuman

Kompas.com - 19/07/2012, 09:56 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Pihak Polrestabes Surabaya membenarkan bahwa ada laporan yang disampaikan ke kepolisian terkait kasus dugaan joki pada ujian jalur mandiri Universitas Airlangga (Unair). Kapolrestabes Surabaya Kombes Tri Maryanto mengatakan, laporan tersebut diterima pada 17 Juli 2012.

"Sudah ada laporan, tertanggal 17 Juli, tapi untuk alasan keamanan, kami tidak bisa memberitahukan identitas pelapor," kata Tri Maryanto, Rabu (18/7/2012).

Sebelumnya, pihak panitia ujian jalur mandiri Unair memeriksa enam orang peserta yang diduga joki. Setelah memeriksa keenam orang tersebut, dipastikan ada joki untuk peserta yang memilih jurusan Kedokteran Unair. Belum jelas apakah si joki mengerjakan untuk kliennya di jurusan yang sama atau jurusan lain. Terduga joki berinisial MA itu diketahui masih berstatus mahasiswa Unair yang hadir dan turut mengerjakan soal pada saat ujian jalur mandiri.
 
Tri Maryanto mengungkapkan, kasus ini tengah ditangani oleh Satreskrim Polrestabes Surabaya. Namun, polisi masih menunggu hasil dari pengumuman jalur mandiri.

”Kita tunggu pengumumannya saja. Jika pihak yang dijoki ini lulus, berarti ini murni perjokian. Namun, seandainya tidak lulus, berarti ini bisa dikategorikan penipuan. Apa pun hasilnya tetap kami proses,” kata Tri Maryanto.

Jika peserta yang diduga menggunakan joki lulus ujian, polisi akan mempelajari pola kerjanya sehingga pelaku bisa mengetahui tempat duduk dan orang yang dijoki.

”Kami juga akan memanggil para saksi karena bisa jadi ada dugaan orang dalam yang bermain,” ujar Tri.

Pihak Unair sendiri memang telah menyerahkan penanganan kasus ini kepada kepolisian. Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair Mangestuti Agil mengungkapkan, pihaknya belum menyelidiki lebih jauh.

"Biar polisi yang mengungkapnya. Siapa klien MA dan sampai berapa nilai untuk praktik joki ini," ujar Mangestuti.

MA bersama lima peserta lain sebenarnya sudah dicurigai dan diduga panitia berperilaku joki saat UMJM Unair berlangsung pada Minggu (15/7/2012). Mereka menggunakan alat komunikasi berupa handphone, jam tangan, dan headset. Namun, setelah diselidiki, hanya MA yang ditetapkan sebagai pelaku joki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com