Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2012, 22:57 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com- Dalam rangka pemilihan kepala daerah atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan bulan Bung Karno tahun 2012, Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah, menggelar Focus Group Discussion di enam kabupaten/kota di Jateng.

Diskusi yang digelar mengusung tema "Membangun Jateng Menuju Trisakti Bung Karno, Bidang Infrastruktur, Moda Transportasi, dan Tata Ruang" berlangsung sejak Selasa (10/7/2012) lalu hingga pekan ini, dimulai dari Kabupaten Sukoharjo, Kota Semarang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kudus, dan terakhir nanti di Kabupaten Kendal.

Menurut Ketua Panitia Bulan Bung Karno DPD PDI Perjuangan Jateng Agustina Wilujeng dan sekretaris panitia Nuniek Sri Yuningsih, diskusi bertujuan selain mencari format yang tepat untuk membangun Jateng khususnya sektor pembangunan, sesuai cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, juga untuk membantu menyiapkan materi dalam penyusunan visi dan misi calon gubernur Jateng dari PDI-Perjuangan menuju Tri Sakti Bung Karno.

Diskusi di Sukoharjo misalnya, membahas soal nasib usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jateng. Selain dihadiri Bupati Sukoharjo Wardoyo, diskusi juga menghadirkan Darsono, pakar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, serta dari Dinas Perindustrian Jawa Tengah dan kalangan media.

Di Kota Semarang, diskusi membahas soal infrastruktur, moda transportasi, dan tata ruang yang juga menghadirkan pejabat dari dinas terkait, dan sejumlah pakar.

Menurut Agustina, dari diskusi diharapkan bisa ditemukan dan ditentukan keberhasilan pembangunan dalam satu siklus kepemimpinan 2008-2013 dengan maksud mengindentifikasi prestasi, kualitas, dan menformulasikan parameter kepemimpinan gubernur yang ideal untuk periode 2013-2018.

"Hasil diskusi ini akan diprioritaskan menjadi dasar penyusunan visi dan misi calon gubernur Jateng dari PDI Perjuangan, dan juga akan dirumuskan dalam sebuah buku," papar Agustina dan Nuniek, Selasa (17/7/2012).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com